Cara Melakukan Berbagai Hal
Selamat Datang Di Blog Cara-Viz
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Cara-Viz,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Peralatan yang Diperlukan untuk Menggambar

cara-viz.blogspot.com :: Sebelum kita mulai praktek menggambar, tentu saja kita membutuhkan berbagai alat pendukung. Dan berikut alat-alat yang biasa digunakan untuk menggambar. Check this out!

1. Kertas
Untuk pemula seperti saya, tidak ada salahnya memakai sketchbook. Sketchbook sangat mudah dicari di toko-toko alat tulis bahkan di supermarket juga biasanya ada. Atau bisa juga memakai Drawing Book, tapi saya pribadi lebih suka Sketchbook karena mudah dibawa, terakhir saya membelinya dengan harga Rp17.000 ukuran agak besar.
Peralatan yang Diperlukan untuk Menggambar

2. Pensil
Ya jelas, ini sudah pasti sangat dibutuhkan untuk menggambar. Saya pribadi masih menggunakan pensil kayu biasa (clutch) merek Faber Castlle. Saya menggunakan pensil dengan Range F/B, H, HB, 2B, 3B, 7B. Kenapa harus lebih dari satu range? karena pensil itu mempunyai jenis dengan value yang berbeda.
Kemudian untuk pensil jenis lain ada pensil mekanik ukuran 0.5mm dan 0.7mm. Biasanya digunakan untuk mengarsir rambut.

Peralatan yang Diperlukan untuk Menggambar

3. Penghapus
Saya pribadi masih menggunakan 1 jenis penghapus, maklum saya masih newbie banget.  Ada beberapa jenis penghapus, yaitu:
Penghapus kotak yang biasa dipakai sehari-hari, ini juga merupakan jenis penghapus yang saya gunakan.
Peralatan yang Diperlukan untuk Menggambar

Kneaded eraser, bentuknya unik seperti tanah liat dan dapat dibentuk sesuka hati. Katanya penghapus ini enak dipakai, karena daya hapusnya itu tinggi dan tidak mengotori kertas. Saya pribadi belum pernah mencobanya bahkan melihatnya secara langsung pun belum pernah. Saya cari di toko alat tulis belum pernah nemu ada yang nyediain, ga tau yang jual mana.

Peralatan yang Diperlukan untuk Menggambar
Kneaded Eraser
Eraser pen, bentuknya panjang menyerupai pensil. Cocok digunakan untuk menghapus daerah yang kecil. Kalau penghapusnya habis, kamu dapat membeli refiil-nya di toko-toko alat tulis.

Peralatan yang Diperlukan untuk Menggambar

4. Alat Blending
Kegunaannya itu untuk meratakan arsiran sehingga menimbulkan efek bayangan pada gambar. Saya pribadi biasanya menggunakan cotton bud dan tissue karena tissue mudah didapat, murah, dan texturenya halus. Alat blending yang lain ada Blending Stump dan Tortillon.

Peralatan yang Diperlukan untuk Menggambar
Tortillon
Peralatan yang Diperlukan untuk Menggambar
Blending Stump
5. Alat Lain
Ada beberapa alat-alat lain yang perlu digunakan yaitu pengraut pensil dan penggaris. Pengraut pensil juga penting karena saat menggambar pensil itu harus selalu runcing untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Sedangkan  penggaris digunakan untuk mengukur sketsa, karena saya lebih suka menggambar sebuah photo dengan metode grid.

Sekian dulu postingan hari ini semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua, selamat belajar menggambar. Dan semangat ya.

Source: karisma-seni.blogspot.com
Enter your email address to get update from Cara-Viz.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Cara-Viz - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger