Cara Melakukan Berbagai Hal
Selamat Datang Di Blog Cara-Viz
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Cara-Viz,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Baterai Laptop Awet dan Tahan Lama

cara baterai laptop awet dan tahan lama
cara-viz.blogspot.com :: Laptop merupakan kebutuhan yang sudah susah dipisahkan dari dunia kerja termasuk anak kuliahan seperti saya. Namun laptop mempunyai beberapa kelemahan dan salah satunya adalah bahwa baterainya itu cepat drop atau rusak. Sama halnya seperti handphone yang cepat drop bahkan rusak baterainya karena pemakaian yang secara terus menerus. Dan menurut saya pribadi perawatan baterai laptop itu masih kurang diperhatikan oleh sebagian besar orang, termasuk saya. Alhasil baterai laptop saya yang sekarang sudah drop dan untuk menggantinya butuh biaya yang cukup mahal. Jadi karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati, pada artikel ini saya akan membagikan cara supaya baterai laptop awet dan tahan lama,

1.Jangan gunakan laptop sampai baterai kosong
Kebiasaan buruk sebagian besar setelah menggunakan laptop adalah hanya langsung melipat monitornya. Kebiasaan tersebut akan berdampak buruk terhadap laptop Anda, terutama baterainya. Karena jika Anda langsung menutup monitornya, maka laptop tersebut belum sepenuhnya mati. Hal inilah yang membuat baterai laptop Anda bisa habis tanpa sisa. Dan tentu saja ini salah satu sebab baterai Anda menjadi cepat rusak. Jadi sebaiknya matikan laptop Anda dengan cara yang benar dan tunggu sampai laptop Anda benar-benar mati barulah Anda dapat menutup monitor laptop Anda. Selain itu jangan sampai lupa untuk mencabut charger jika masih melekat, karena baterai juga akan cepat rusak jika terlalu penuh pengisianya. Istilah lainnya terlalu banyak makan jadi meledak perutnya, hehe.

2. Usahakan laptop selalu dalam kondisi dingin
Sama halnya komputer, laptop juga memerlukan ruang dalam kondisi yang dingin. Jadi apabila laptop Anda dalam keadaan panas, maka segera matikan. Atau gunakan coolpad, atau gunakan kipas angin disebelah laptop, yang penting jangan sampai laptop Anda panas. Karena udara panas tersebut akan mempengaruhi pin-pin pada chipset baterai laptop Anda. Dan jika chipset tersebut sampai rusak, maka susah untuk memperbaikinya. Karena Anda harus mencari tipe baterai yang sesuai dengan laptop Anda. Baca juga cara supaya laptop tidak cepat panas

3. Lepas baterai jika sedang tidak dipakai
Melepas baterai saat laptop sedang tidak digunakan berfungsi untuk mengistirahatkan laptop. Karena kalau baterainya masih terhubung kelaptop, walaupun laptop dalam keadaan mati tetapi aliran listrik yang ada di baterai tetap mengalir ke laptop Anda. Jadi lepaslah baterai laptop saat sedang tidak dipakai atau pada saat Anda akan tidur.

4. Lepas charger jika laptop sedang dipakai
Cara terakhir untuk merawat baterai laptop adalah dengan melepas charger saat laptop sedang aktif. Karena konsumsi power tersebut tidak dapat dikenali oleh baterai, yang berakibat bateria menjadi bingung untuk langsung mengalirkan power tersebut atau akan menyimpannya. Dan hal ini akan membuat baterai Anda menjadi overload dan bahkan bisa sampai meledak. Selain itu mencharger laptop saat sedang aktif juga akan membuat laptop Anda menjadi cepat panas.


Sebenarnya ke empat cara diatas tidak hanya berlaku untuk laptop saja, tapi juga untuk semua perangkat portable yang menggunakan baterai sebagai sumber energinya.
Enter your email address to get update from Cara-Viz.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Cara-Viz - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger