Cara Melakukan Berbagai Hal
Selamat Datang Di Blog Cara-Viz
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Cara-Viz,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara yang Benar Memegang Kamera DSLR

cara-viz.blogspot.com :: Sekarang zaman sedang booming dengan yang namanya foto-foto, sehingga banyak kalangan pemuda yang telah memiliki kamera DSLR dimana penggunaannya itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Kita dapat mendapatkan hasil yang dibilang WOW hanya dengan pengaturan otomatis nya.  Walaupun kamera yang Anda miliki itu punya fitur-fitur yang canggih, namun “orang dibalik kamera” lah faktor yang paling penting dalam dunia photography. Dan salah satu keahlian fotografer profesional adalah mereka dapat memegang kamera dengan benar, sehingga saat mengambil gambar mereka tidak cepat lelah dan kameranya pun tidak goyan-goyang (stabil). Karena apabila Anda stabil memegang kameranya, maka hasilnya pun akan menjadi lebih jelas dan tajam.
Dan pada postingan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara yang benar memegang kamera DSLR. Sebelumnya pastikan strap (gantungan) kamera digantungkan dileher, ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan jika kamera Anda lepas dan terjatuh.

1. Sikut Menekan Tubuh
Tangan kiri digunakan untuk memegang kamera, dengan jari-jari tangan digunakan untuk memegang grip zoom lensa. Sedangkan tangan kanan digunakan untuk memegang bagian shutter kamera, tangan kanan juga berfungsi untuk melakukan setting kamera. Lalu kedua siku ditekan ke badan supaya kamera menjadi stabil karena adanya tumpuan pada badan.

cara yang benar memegang kamera DSLR

2. Membuat Tumpuan Lengan Kiri
Tangan kanan digunakan untuk memegang kamera dengan jari telunjuk tangan kanan berada pada tombol shutter kamera, sedangkan jari-jari yang lain memegang kamera dengan kuat. Posisikan tangan kiri secara horizontal untuk dijadiakan tumpuan lensa kamera, hal ini untuk menstablikan kamera. Biasanya teknik ini digunakan untuk memotret landscape.

cara yang benar memegang kamera DSLR

3. Tumpuan Kedua Sikut
Tangan kiri digunakan untuk memegang lensa dengan jari-jari tangan berada di ulir lensa kemudian tangan kanan digunakan untuk memegang shutter dan setting kamera. Lihat pada gambar, posisi yang salah pada teknik ini adalah apabila tumpuan kamera hanya pada tangan kiri saja dan kesalahan ini seringa sekali dilakukan bahkan oleh seorang fotografer profesional sekalipun.

cara yang benar memegang kamera DSLR

 4. Pasang Kuda-Kuda
Seorang fotografer juga harus punya kuda-kuda yang kuat supaya saat melakukan pengambilan gambar akan menjadi lebih stabil.

cara yang benar memegang kamera DSLR

5. Gunakan Tumpuan Pada Kaki Saat Memotret Pada Posisi Rendah
Anda harus menjadikan kaki sebagi tumpuan agar kamera menjadi stabil.

cara yang benar memegang kamera DSLR

6. Gunakan Benda Di Sekitar
Anda harus dapat memanfaatkan benda yang ada disekitar Anda menjadi tumpuan untuk menambah kestabilan pada kamera Anda, misalnya dinding, pohon, dll

cara yang benar memegang kamera DSLR

cara yang benar memegang kamera DSLR

7. Memegang Kamera Pada Posisi Tiarap
Terkadang kita membutuhkan berbagi macam angel untuk menghasilkan hasil gambar yang tidak biasa, seperti dengan melakukan tiarap (angel katak). Saat tiarap, gunakan sikut untuk menjadi tumpuan supaya kamera menjadi lebih stabil dan jangan mengandalkan tumpuan badan karena jika terlalu lama biasanya badan akan gemetar.

cara yang benar memegang kamera DSLR

Itulah beberapa cara memegang kamera dslr yang baik dan benar, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Salam Photography!


Sumber: antslearning.wordpress.com
Enter your email address to get update from Cara-Viz.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Cara-Viz - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger